Konstruktivisme: Kenalan Sama Teori Ini!

 Teori Belajar Konstruktivisme
Halo, Sobat!! Apa kabar?

Pernah nggak sih kamu ngerasa bahwa belajar itu lebih seru kalau kita aktif terlibat dan membangun pengetahuan sendiri? 

Kali ini kita akan membahas sebuah teori pembelajaran yang keren dan seru, yaitu konstruktivisme. Jika kamu ingin merasakan pengalaman belajar yang berbeda dengan cara yang menyenangkan, yuk, kenalan lebih jauh dengan teori konstruktivisme ini!

Eits, Sebelum itu simak dulu cerita berikut...

Suatu hari, dalam sebuah kelas seni, seorang guru memberikan tugas kepada siswa-siswinya untuk membuat sebuah karya seni berdasarkan tema "Keindahan Alam". Setelah memberikan instruksi, guru tersebut membiarkan siswa-siswa bebas bereksplorasi dengan bahan-bahan seni yang tersedia.

Salah seorang siswa, bernama Lastri, memilih untuk membuat lukisan pemandangan alam. Ia menggambar pohon, langit biru, dan sungai yang mengalir dengan warna-warna cerah. Namun, ketika Lastri selesai, ia merasa bahwa lukisannya terlihat datar dan kurang mengekspresikan keindahan alam dengan sempurna.

Lastri kemudian mendekati teman sekelasnya, Nawal, yang membuat karya seni dengan menggunakan teknik kolase. Nawal menggunakan potongan-potongan daun, bunga, dan kertas berwarna untuk menciptakan gambar yang unik dan menarik. Melihat karya Nawal, Lastri terinspirasi untuk mencoba sesuatu yang baru.

Lastri kembali ke lukisannya dan mulai menambahkan elemen-elemen kolase seperti daun kering, potongan kertas warna-warni, dan bahkan pasir halus untuk menciptakan tekstur sungai. Hasilnya, lukisannya menjadi lebih hidup dan menyampaikan keindahan alam dengan lebih mendalam.

Sudah Baca?? Apa sih kaitannya dengan konstruktivisme? 

Pasti udah ada bayangankan?

Apa Sebenarnya Konstruktivisme itu? 

Ayo, jawab pertanyaan ini: 

Kalian pernah ngalamin belajar yang paling berkesan ketika kalian bisa nyoba sendiri dan menemukan jawabannya?

Nah, konstruktivisme adalah sebuah teori pembelajaran yang mengatakan bahwa kita aktif membangun pengetahuan dan pemahaman kita sendiri melalui pengalaman dan refleksi. 

"Dalam pendekatan konstruktivisme, guru bukanlah sumber tunggal pengetahuan, tetapi seorang fasilitator yang mendorong siswa untuk aktif dalam membangun pengetahuan mereka sendiri." - David Jonassen

Jadi, bukan hanya guru yang memberi tahu kita apa yang harus kita ketahui, tetapi kita juga terlibat dalam proses pembelajaran dengan berpikir, merenung, dan membuat konstruksi pengetahuan kita sendiri.

 

Bayangkan, setiap kali kamu belajar, otakmu seperti sedang membangun sebuah puzzle yang unik. Setiap potongan puzzle itu adalah pengalaman dan pengetahuan baru yang kamu dapatkan. Semakin banyak potongan yang kamu pasang, semakin lengkap pemahamanmu tentang suatu konsep.

 "Belajar adalah proses konstruktif di mana siswa membangun pengetahuan mereka sendiri melalui pengalaman langsung dan interaksi dengan lingkungan." - Jean Piaget


Nah, bagaimana sih konstruktivisme diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? 

Misalnya, ketika kamu mencoba memahami bagaimana sebuah mesin bekerja, kamu mungkin akan bermain-main dengan komponennya, mencoba memasangnya dan melihat apa yang terjadi. 

Dari situ, kamu membangun pemahaman tentang cara kerja mesin tersebut.

Dalam cerita tadi, Lastri dan Nawal adalah contoh siswa yang menerapkan konstruktivisme dalam karya seni mereka. Mereka tidak hanya menerima instruksi guru secara pasif, tetapi melibatkan diri dalam eksplorasi dan percobaan dengan berbagai teknik dan bahan. Mereka membangun pemahaman baru tentang keindahan alam dan mengembangkan kreativitas mereka dengan menggabungkan elemen-elemen baru dalam karya seni mereka.

Jadi, konstruktivisme ini memberi kebebasan padamu untuk mengeksplorasi, mencoba, dan membangun pemahamanmu sendiri. Menarik, bukan?

 

Nah, itulah pengenalan singkat kita tentang konstruktivisme. Pada artikel selanjutnya, kita akan menjelajahi bagaimana konstruktivisme bekerja dan perbedaannya dengan metode pembelajaran tradisional. Jadi, stay tuned ya!

 --------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bersambung Part 2: "Gimana Konstruktivisme Bekerja? (Biologi Otak 101!)".

 --------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Terus ikuti seri blog ini untuk memahami konstruktivisme dengan lebih baik. Jangan lupa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan bersenang-senang saat membangun pengetahuanmu sendiri! Tetap Semangat!!!

Referensi:

https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/konstruktivisme-dalam-kurikulum-merdeka-belajar-%28kmb%29

0 Response to "Konstruktivisme: Kenalan Sama Teori Ini!"

Post a Comment

Thanks For Your Comment :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel